Jumat, 26 Desember 2014

Ingin tidur kita ini bernilai di sisi Allah?


Oleh: Abi Khalid Al Abdillah

1. Ketahuilah waktu-waktu yang tak baik untuk tidur, di antaranya, jangan tidur setelah makan, jangan tidur selepas Subuh, jangan tidur di antara Ashar sampai Maghrib, jangan tidur sebelum Shalat Isya'.

2. Ketahuilah waktu-waktu yang baik untuk tidur. Menurut saya, waktu tidur yang baik adalah di malam hari antara pukul 9 sampai 12 malam. Biasakan untuk tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama pula, jadikan itu sebagai rutinitas.

3. Sebelum tidur, cobalah berwudhu selayaknya hendak Shalat.

4. Sebelum berbaring, bersihkanlah tempat tidurmu dengan penebah atau selembar kain. Hal ini juga disunnahkan.

5. Setelah berada di atas tempat tidur, angkatlah kedua telapak tanganmu tepat di depan wajah dan bacalah Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas. Setelah itu usapkan pada wajah dan terus ke bagian yang kamu hendaki (kecuali kemaluan/anus).

6. Bacalah ta'awwudz dan diteruskan do'a, "Allahumma bismika ahyaa wabismika amuut."

7. Perhatikan posisi tidur. Jangan tidur tengkurap atau berbaring dengan perut berada di bawah karena posisi ini tak disukai Allah. Dan jika tidur terlentang, maka lipatkanlah kakimu. Sedangkan posisi tidur yang sangat dianjurkan adalah miring ke kanan dan gunakan tanganmu sebagai bantal di pipimu.

8. Pejamkan mata sembari terus mengingat Allah melalaui dzikir-dzikir yang kamu kuasai sampai terlelap.

9. Setelah terbangun, maka berdo'alah, "Alhamdulillahil-ladzi ahya-na ba'da ma-ama tana wa ilaihin-nusyur."

Do'a mendapati mimpi buruk, "Allahumma inni a'udzubika min 'amalisy-syaithani wa sayyia-til ahla-mi fainnama la takunu syaian."

Do'a sulit tidur, "Allahumma gharatin nujumu wa hadatil 'uyunu wa anta hayyun qayyumun la ta'khudzuka sinatun wa la naumun ya-hayyu ya-qayyumu ahdi laili wa anim 'aini."

Silahkan Share... :)
Lumajang, 20 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar